Belajar dari Muhammadiyah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan – Curhat Ahkmad Fuadi

dakwahmuh.com – Perkembagan Muhammadiyah di Kalimantan Selatan tidak bisa dianggap dengan sebelah mata, perkembangan Muhammadiyah di Kalimantan Selatan sangat begitu besar tentu dengan membawa nilai-nilai budaya dan sikap dari Masyarakatnya yang tidak bertentangan dengan Al Qur’an dan Sunnah Rasul.

Salam satu Daerah di Kalimantan Selatan dengan perkembangan Muhammadiyah sangat besar dan ditambah dengan budaya dan tradisi masyarakatnya yang mampu menyesuaikan antara budaya dan Agama, Muhamamdiyah Kabupaten Banjar atau yang biasa dikenal dengan istilah Muhammadiyah Banjar yang berkembang dari Perkotaan hingga masuk jauh kepelosok Desa, Kota Martapura hingga jauh menyeberang Danau Mandiangin ke Desa-desa yang sangat terpencil, disana Muhamadiyah hidup dan berkembang jauh dari Teknologi dan Informasi yang bisa mereka nikmati untuk mengenal Muhammadiyah di masa Dewasa ini, namun keterbatasan tidak menjadi alasan mereka untuk tidak mengkaji Kemuhamadiyahan.

Curhat salah satu Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan Ahkmad Fuadi “Muhammadiyah Banjar sangat berbeda dengan Muhammadiyah Banjarmasin atau wilayah lainnya di Kalimantan Selatan, yang sangat membedakannya adalah sikap dari Masyarakat yang begitu semangat dan begitu aktif untuk bermuhammadiyah, hal ini terlihat dalam salah satu program yang ada di Pimpinan Muhammadiyah Kab. Banjar ini yaitu pengajian Bulanan Cabang Muhammadiyah Kab. Banjar. Salah satu contoh Pengajian Cabang yang diadakan di Desa Sungai Besar Kab. Banjar yang 40 Persen penduduknya adalah warga Muhammadiyah sedang mengadakan Kajian Bulanan. kita hanya bisa membayangkan ketika sebuah desa kecil dengan penduduk hanya sebagian kecil saja Muhammadiyah mengadakan kajian bulanan pasti dibenak kita hanya sedikit yang datang, akan tetapi tidak, pengajian Bulanan cabang di Daerah ini sangat meriah lebih meriah jika dibandingkan dengan acara pernikahan, mengapa, karena semua Cabang dan Ranting se Kota Banjar hingga Desa-desa jauh menyebarang Danau juga ikut datang, tidak hanya itu semua Pimpinan Daearah Banjar juga ikut  menghadiri kegiatan ini. untuk sesi keamanan semua Angkatan Muda Muhammadiyah berdiri tegak mengatur keamanan disepanjang jalanan Desa, setiap rumah diharuskan mendonasikan makanan dan minuman minimal 10 piring untuk membantu kelancaran kegiatan ini, Kapolsek mendapatkan Undangan, Bupati juga mendapatkan undangan, Kepala Desa dan jajarannya juga mendapatkan undangan untuk hadir. “bisa dibayangkan bagaimana ramainya”

Mengapa kegiatan ini begitu sukses? cerita dari beberapa sumber menjelaskan bahwa Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kab. Banjar sangat aktif dan selalu aktif menjalin silaturahmi dengan warga-warganya di Kab. Banjar. Pimpinan Daerahnya selalu hadir dalam kajian-kajian yang dilaksanakan oleh Amal usaha – amal usaha baik di Ranting dan juga Cabang disetiap kali diadakan kajian-kajian.

Pimpinan Daerahnya juga sangat menghargai kinerja dari Amala Usaha yang dimiliki Cabang dan Ranting, seperti mengajak orang-orang yang berkeahlian dibidangnya untuk masuk menjadi bagian terpenting di Persyarikatan Muhammadiyah agar Muhammadiyah Kab. Banjar terus berkembang.

ada beberapa poin penting yang bisa kita pelajari dari Muhammdiyah Kab. Banjar.

  1. Membangun kembali tali persaudaraan yang mulai renggang, menjadikan tetangga sebagai saudara hingga tercipta Muhammadiyah yang kekeluargaan
  2. Sikap Pimpinan Daerah yang begitu aktif bertali silaturahmi dengan semua amal usahanya di Kab. Banjar
  3. Menghargai perbedaan-perbedaan yang ada dimasyarakat dan menjadikan perbedaan tersebut sebagai hikmah, hingga sikap arogan merasa benar sendiri tidak ada lagi dan pada akhirnya tali persaudaraan antar penduduk Desa bisa dibangun degan baik
  4. Memanfaatkan orang-orang yang bisa dihandalkan untuk menduduki posisi terpenting di Muhammadiyah hingga tercipta Muhammadiyah sebagai gerakan yang aktif dan bermanfaat untuk semua. “curhat Ahkmad Fuadi” (ebn)

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here