“MASJID AL JIHAD PCM BANJARMASIN 04” (masjid makmur yang dicintai ummat) # revisi

Air mata haru menetes di pipi, menyaksikan secara langsung “Masjid Al Jihad” yang dimiliki dan dikelola oleh pimpinan cabang Muhammadiyah Banjarmasin 04 Kalimantan Selatan. Dinamakan al Jihad karena utk dapat mendirikan masjid ini dibutuhkan perjuangan dan pengorbanan yang luarbiasa. Tanah tempat masjid ini sekarang berdiri, adalah tanah milik saudara berdarah china, yang bila ummat muhammadiyah tdk mamu bayar akan dibeli pihak lain dan akan didirikan gereja besar di kota Banjarmasin. Ummat Islam khususnya warga muhammadiyah hanya diberi waktu 3 (tiga) hari utk membayar dan melunasi tanah tersebut. Tiga hari adalah waktu yg sangat cepat utk dpt mengumpulkan uang yg nilainya tdk sedikit. Alhamdulillah pengurus muhammadiyah berhasil membangkitkan semangat berkorban dan berjihad ummat islam dan Allah yang Maha Baik menyentuh kesadaran hati ummat Islam khususnya warga muhammadiyah. Semua berkorban.Tua muda, laki laki perempuan, yang kaya dan miskin semuanya menyumbangkan hartanya agar tanah tersebut dpt dibeli oleh muhammadiyah. Para ibu ibu semangatnya luarbiasa. Entah berapa ons atau kilo emas yg diserahkan ibu ibu utk dpt membeli tanah ini. Akhirnya dengan pengurbanan dan keikhlasan yg luar biasa, uang terkumpul dan tanah terbeli hanya dlm waktu 3 hari. Masya Allah. Sehari semalam di masjid ini, saya menyaksikan secara Langsung betapa makmur nya masjid ini. Makmur jamaah sholat lima waktunya, makmur pendanaanya juga makmur kegiataanya
Selama sepekan (seminggu) ada 6 kegiatan kajian ke Islaman.
Juga ada acara buka puasa bersama setiap hari senin kamis, setiap tanggal 13-15 hijriyah, Menyelenggarakan siaran radio Al jihad yang bisa didengarkan hingga ke daerah daerah.

Sewaktu idul adha th ini, jumlah hewan Qurban: sapi sebanyak 81 ekor dan kambing sebanyak 3 ekor. Setiap sholat lima waktu selalu dipimpin oleh para imam yang hafidz 30 juz dan memiliki suara yang indah dan mampu menyentuh perasaan setiap jamaah. Ada imam yang mirip Syeikh Misyari Rashid, Syeikh Sudais dll. Tiga imam tetap ditugaskan utk memimpin dholat lima waktu di masjid ini.
Setiap habis shalat lima waktu, selalu diedarkan kotak infaq. Hasilnya fantastis. 30 juta setiap minggunya. Dan untuk kotak infaq sholat jumat maka setiap jumatnya terkumpul Rp 35- 40 juta. Bahkan sewaktu kami di Banjarmasin (jumat 22 september) , infaq jumatanya, SEKALI JUMATAN TERKUMPUL Rp 49.600.000 (empat puluh sembilan juta enam ratus ribu rupiah). Masya Allah. Saya ketemu jamaah yang secara rutin sholat di masjid ini padahal rumahnya berjarak 10 km dari masjid. Mereka selalu rindu dg suara imam, kerapihan dlm sholat, kebersihan masjid dan kajian kajiannya yg mencerahkan.

Sewaktu saya diminta untuk memberikan pengajian setelah sholat subuh, begitu saya maju di mimbar dan menghadap jamaah, maka….. bulir bulir air mata tak terbendung lagi jatuh membasahi pipi. Terharu menyaksikan jamaah sholat subuh yang hadir seperti jamaah sholat jumat. Aura keikhlasan dan kesiapan berkorban sangat terasa. Dan ini berlangsung setiap hari. Insya Allah dalam Waktu dekat masjid Al Jihad milik PCM Banjarmasin 04 ini akan segera memiliki TV satelit untuk melengkapi media Radio al jihad yang selama ini sdh mengudara. Dg tv ini kita dan ummat akan menyaksikan langsung makmurnya masjid ini dan semoga mampu menggerakkan pengurus masjid yang lain utk memakmurkan masjid masjid muhammadiyah dimanapun.
(oleh oleh dari banjarmasin. Pku muh bantul 6 muharram 1439 H/25 september 2017M) Sumber: FB Jalaludin Ahmad

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here