Dalam 20 Bulan Sejak Didirikan, Panti Asuhan atau LKSA Aisyiyah Banua Anyar bisa Meraih Akreditasi A (Sangat Baik) dari Kemensos RI

Diawali dari semangat jihad dan semangat ikhlas untuk mengelola sebuah rumah asuh demi menampung dan mendidik anak-anak yatim, piatu dan duafa dilingkungan Banua Anyar dan sekitarnya.

Akhirnya diputuskan oleh Pembina dan Pengurus Ranting Aisyiyah Banua Anyar Cab. Banjarmasin 8 untuk menyewa sebuah rumah yang akan dijadikan Panti Asuhan.

Dana awal yang disiapkan adalah sebesar 30 juta rupiah (itupun dari hasil meminjam di Koperasi Syariah). Dimana itu dialokasikan sebesar 20 juta untuk membayar sewa rumah selama 1 tahun dan sisanya 10 juta digunakan untuk keperluan perlengkapan dan biaya hidup anak-anak asuh selama 1 bulan.

Akhirnya tepat pada tanggal 9 Juli 2016 bertepatan dengan tanggal 4 Ramadhan 1437 H diresmikanlah Panti Asuhan Puteri Aisyiyah Banua Anyar oleh Walikota Banjarmasin Bp. Ibnu Sina. Dimana diamanahi sebagai Ketuanya adalah Ibu Hj. Maserah S.pd.

Alhamdulillah seiring waktu berjalan, respon masyarakat dan donator sangat baik atas pendirian panti asuhan ini. Tidak sampai 1 bulan, pinjaman 30 juta sudah bisa dikembalikan lunas. Bahkan pihak pengelola masih memiliki dana di tabungan untuk bisa dipakai melengkapi fasilitas dan memenuhi keperluan hidup anak-anak asuh.

Bantuan dan donasi dari masyarakat terus mengalir dan meningkat. Sampai akhirnya PAP Aisyiyah ini bisa membebaskan sebuah bangunan beserta perabotnya senilai 800 juta rupaih hanya dalam waktu 5 minggu setelah dibuka keran donasi pembebasan.

Sekarang Panti ini sudah menampung 30 anak asuh dimana 15 orang menginap di Asrama yang disesiakan dan sisanya diasuh dengan pola tetap tinggal dirumah keluarganya namun ditanggung biaya hidup dan pendidikannya. Selain itu, Panti ini juga mempunyai beberala usaha mandiri diantaranya Kawasan Kuliner dan Taman Parkir serta Katering Makanan.

Setelah 20 bulan berjuang, tepat hari Rabu, 7 Februari 2018, PAP Aisyiyah mendapat kado manis berupa penilaian Akreditasi dari Kementerian Sosial Republik Indonesia dengan nilai pelayanan “Sangai Baik”.

Kita do’akan mudah-mudahan PAP Aisyiyah ini bisa terus eksis dan berperan dimasyarakat demi ikut serta meningkatkan taraf hidup, pendidikan dan kesejahteraan dilingkungan Banua Anyar khususnya dan Di kalimantan Selatan pada umumnya. (jlk)

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here